Text
Skripsi Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs Di Puskesmas Rajeg
Latar Belakang: Telah terjadi penurunan kunjungan pasien peserta BPJS di puskesmas rajeg pada tahun 2022 sebanyak 591.700, tahun 2023 sebanyak 581.776, dan tahun 2024 sebanyak 199.940 kunjungan pasien. Penurunan yang terjadi kemungkinan disebabkan oleh kurangnya kenyamanan, empati, maka dari itu terjadi kurangnya hubungan pasien dengan perawat. Sehingga terjadi penurunan kunjungan setiap tahunnya pada Puskesmas Rajeg. Tujuan: penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanankesehatan terhadap kepuasan pasien pengguna “Badan penyelenggara Jaminan Sosial” (BPJS) yang menggunakan lima diemensi yaitu faktor kehandalan, ketanggapan, jaminan,empati dan bukti fisik. Desain Penelitian: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif korelasi. Teknik sampel:Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan menggunakan teknik accidental sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 255 responden. Analisis Data: Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji chi-square dengan melihat pada nilai koefisien korelasi. Hasil dan Kesimpulan: Hasil daripada penelitian ini bahwa mutu pelayanan yaitu dalam kategori puas berjumlah (71,8%) dan kepuasan pasien pengguna BPJS berjumlah (75,3%). Pada hasil statistik diperoleh nilai p-value = 0,000 < 0,05 maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS.
SKR00790 | SKR/FK 2024 20217176 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain