KIA Efektifitas Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Pasien Terhadap Kualitas Asuhan Keperawatan Di Ruang Anggrek A Rsu Kabupaten Tangerang
"Latar Belakang: Manajemen keperawatan ialah suatu bentuk koordinasi dan integrasi sumber-
sumber keperawatan dengan menerapkan proses manajemen untuk mencapai tujuan dan juga
obyektifitas asuhan keperawatan. Salah satu Indikator keberhasilan dalam memberikan pelayanan
keperawatan adalah komunikasi yang baik antara perawat dan pasien. Tujuan Penelitian : Untuk
mengetahui Efektifitas Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Pasien Terhadap Kualitas Asuhan
Keperawatan di Ruang Anggrek A RSU Kabupaten Tangerang. Metode Penelitian: Yang
digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi Untuk mengetahui Efektifitas
Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Pasien Terhadap Kualitas Asuhan Keperawatan di Ruang
Anggrek A RSU Kabupaten Tangerang dengan populasi pasien sebanyak 15 orang. Hasil
Penelitian: hasil rata-rata 77,63% pasien merasa puas serta rata-rata 73,53% keluarga pasien merasa
puas kategori ini termasuk dalam kategori Baik. Kesimpulan : Berdasarkan hasil wawancara dan
observasi dapat penulis simpulkan bahwa RSU Kabupaten Tangerang memiliki manajemen
keperawatan yang masih perlu dikembangkan kembali terutama dalam hal komunikasi terapeutik.
Saran : Perlu meningkatkan pengetahuan tentang Efektifitas Komunikasi Terapeutik Perawat
dengan Pasien agar Kualitas Asuhan Keperawatan dapat lebih baik lagi dan agar dapat
menumbuhkan rasa saling percaya satu sama lain antara perawat dan pasien.
KIA00109 | KIA/FK 2022 21317035 | Tersedia - Tidak Dapat Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain