Skripsi Hubungan Perilaku Bullying Dengan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas 4 Dan 5 Sdn Sarakan I Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang
Di Intitusi Pendidikan Indonesia permasalahan bullying bukan kasus baru baik di sekolah atau media massa. Menurut KPAI (Komnas Perlindungan Anak Indonesia) tercatat 37.381 pengaduan kekerasan terhadap anak sejak 2011 sampai 2019. Fenomena bullying bukan hanya permasalahan fisik, namun karena perbuatan atau perkataan seseorang yang akan menimbulkan rasa takut, sakit, tertekan dan dampak negatif pada korban. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan perilaku bullying dengan kemampuan interaksi sosial siswa kelas 4 dan 5 SDN Sarakan 1 Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitian bersifat deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, sampel penelitian ini adalah 153 siswa kelas 4 dan 5. Analisa yang digunakan univariat dan bivariat. Berdasarkan uji Spearman Rho diketahui pada kedua variabel yaitu perilaku bullying dengan kemampuan interaksi sosial didapatkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan hasil korelasi koefisien 0,480 maka H0 ditolak dan H? diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan searah antara perilaku bullying dengan kemampuan interaksi sosial siswa kelas 4 dan 5 di SDN Sarakan 1 Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang.
SKR00030 | SKR/FK 2023 19216092 | Tersedia - Tidak Dapat Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain