Skripsi Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Mauk Kabupaten Tangerang
Latar Belakang: Caring merupakan salah satu bentuk pelayanan keperawatan yang terdiri dari kasih sayang, keramahan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan rasa perduli kepada pasien. Kepuasan pasien merupakan persepsi pasien terhadap tingkat pelayanan kesehatan yang diterima pasien setelah membandingkannya dengan harapan. Jika pelayanan kesehatan yang diterimanya sesuai dengan harapan atau melebihi ekspetasi maka akan merasa puas, sebaliknya jika kinerja tidak sesuai dengan harapan maka akan merasa tidak puas atau kecewa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan perilaku caring dengan tingkat kepuasan pasien di Puskemas Mauk Kabupaten Tangerang. Tujuan penelitian: Mengetahui hubungan perilaku caring dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Mauk Kabupaten Tangerang. Metode penelitian: Menggunakan desain kuantitatif deskriptif korelasi dengan pendekatan cross-sectional, sampel penelitian berjumlah 110 responden dengan Teknik pengambilan sampel consecutive sampling. Analiss data secara univariat dan bivariat menggunakan Chi-square. Hasil penelitian: Berdasarkan hasil uji Chi-square diperoleh nilai p-value = 0,000 (< alpha = 0,05) artinya terdapat hubungan perilaku caring dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Mauk Kabupaten Tangerang. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Mauk Kabupaten Tangerang.
SKR00044 | SKR/FK 2023 19216099 | Tersedia - Tidak Dapat Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain