Skripsi Hubungan Ibu Bekerja Dengan Perkembangan Emosional Anak Usia Sekolah
"Pendahuluan : Keluarga adalah dua orang atau lebih yang hidup bersamamyang terdiri dari ayah, ibu, dan anak yang tinggal dalam satu rumah yang saling berbagi dalam hal ekonomi dan mempunyai suatu komitmen serta menjalankan perannya masing-masing. Terutama pada ibu bekerja yang mempunyai peran pekerja dan ibu, namun ibu bekerja tidak bisa memperhatikan anak- anaknya dalam perkembangan emosionalnya. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan ibu bekerja dengan perkembangan emosional anak usia sekolah. Desain Penelitian : Menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode cross sectional study, serta analisis statistik uji chi square. Teknik sampel : Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah teknik purposive sampling, jumlah sampel sebanyak 108 responden. Hasil : Hasil penelitian menunjukan ibu bekerja shift mempengaruhi perkembangan emosi baik sebanyak 16 (42.1%) dan mempengaruhi perkembangan emosi kurang sebanyak 22 (57.9. Ibu bekerja non shift mempengaruhi perkembangan emosi baik sebanyak 48 (68.6%) dan mempengaruhi perkembangan emosi kurang sebanyak 22 (31.4%). Dalam uji statistik chi square didapatkan hasil p-value 0,014 (< 0,05). Kesimpulan : Terdapat hubungan ibu bekerja dengan perkembangan emosional anak usia sekolah di SDN Rajeg III
Kata Kunci : Ibu Bekerja, Perkembangan Emosional, Anak Usia Sekolah"
SKR00083 | SKR/FK 2023 19216145 | Tersedia - Tidak Dapat Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain