Skripsi Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Emosional Dan Sosial Pada Anak Sekolah Dasar Di Perumahan Bumi Asri
"Pendahuluan : Laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2019 melaporkan bahwa 5-25% anak usia sekolah memiliki gangguan perkembangan. Kejadian perkembangan anak-anak di Indonesia adalah antara 13-18%. Sekitar 9,5%-14,2% siswa sekolah dasar memiliki masalah sosial emosional, yaitu sulit bagi anak untuk berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Jumlah anak 3.634.505 orang, 54,03% anak ditemukan memiliki kemampuan untuk bersosialisasi dan kemandirian yang baik, tetapi ruang lingkupnya masih 90% kurang dari tujuan. Namun, karena penyebab faktor internal dan eksternal, interaksi sosial anak telah mulai menurun. Faktor -faktor internal berasal dari dalam diri anak, seperti konsep diri, minat berinteraksi sosial dan faktor eksternal berasal dari luar diri anak. Salah satunya adalah penggunaan gadget yang terlalu sering. Desain Penelitian : Menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode cross sectional, serta analisis statistik uji spearman rank. Tekhnik Sampel : Tekhnik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah tekhnik simple random sampling, jumlah sampel sebanyak 106 responden. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan 106 responden terdapat 45 (42.5%) responden penggunaan gadget baik. Berdasarkan variabel dependen perkembangan emosional dari 106 responden terdapat 48 (45,3%) responden memiliki perkembangan emosional normal. Berdasarkan perkembangan sosial terdapat 57 (53,8%) responden memiliki perkembangan sosial baik. Dalam uji statistic spearman rank didaptakan hasil p-value 0,00 (
SKR00087 | SKR/FK 2023 19216144 | Tersedia - Tidak Dapat Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain