Skripsi Hubungan Penerapan Response Time Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Mayapada Hospital Tangerang
"Pendahuluan : Response Time atau waktu tanggap gawat darurat merupakan gabungan dari waktu tanggap saat pasien tiba di depan pintu rumah sakit sampai mendapat respon dari petugas Instalasi Gawat Darurat dengan waktu pelayanan yang diperlukan sampai selesai proses penanganan gawat darurat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penerapan response time dengan tingkat kepuasan pasien di instalasi gawat darurat Mayapada Hospital Tangerang. Penelitian ini dilaksanakan tanggal 1 - 31 Desember 2022.
Metode penelitian: Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan accidental sampling, dengan sampel sebanyak 140. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner dan lembar observasi.
Hasil penelitian : Hasil penelitian kepuasan pasien di IGD Mayapada Hospital selama Desember 2022, sebanyak 78 responden (78,0 %) merasa puas dan 22 responden (22,0 %) merasa tidak puas. Berdasarkan response time yang tertangani cepat sebanyak 73 responden (73,0%) dan tertangani lambat sebanyak 27 responden (27,0 %). Berdasarkan hasil bivariat, responden yang memiliki response time dengan cepat tertangani ? 5 menit dan kepuasan pasien dengan kriteria puas sebanyak 85 responden (70,8%). Sedangkan responden yang memiliki response time lambat atau tertangani ? 5 menit dan kepuasan pasien kriteria puas sebanyak 7 responden (5,8%). Dari hasil uji statistik dengan Chi Square dengan C1 95% ; ?=0.05 di dapatkan nilai P Value (0,000) < ? (0,05) sehingga H0 ditolak artinya ada hubungan yang bermakna antara penerapan response time dengan tingkat kepuasan pasien di IGD Mayapada Hospital Tangerang."
SKR00174 | SKR/FK 2023 19216268 | Tersedia - Tidak Dapat Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain