Skripsi Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu Terhadap Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Prasekolah Di Perumahan Mustika Tigaraksa
Latar Belakang : Usia lima tahun pertama dalam kehidupan anak merupakan potensi awal dan mendasar yang penting dalam perkembangan dimasa selanjutnya sampai akhir perkembangannya. Potensi tersebut dapat berpengaruh dalam menentukan lingkungan yang dapat menstimulasi perkembangan motorik anak melalui orang tua. Tujuan : untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan ibu terhadap perkembangan motorik pada anak usia prasekolah di Perumahan Mustika Tigaraksa. Desain Penelitian : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Teknik Sampel : menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel 83 ibu yang mempunyai anak usia prasekolah. Data kemudian dianalisis secara univariat dan bivariat. Hasil : menggunakan uji chi-square diperoleh nilai p-value 0,000 < 0,05, yang artinya terdapat hubungan antara tingkat pendidikan ibu terhadap perkembangan motorik pada anak usia prasekolah di Perumahan Mustika Tigaraksa. Kesimpulan : Tingkat pendidikan ibu memiliki peran yang sangat mendukung terhadap perkembangan motorik anak. Memiliki pendidikan yang tinggi dapat membantu ibu dalam memberikan stimulasi yang tepat dan dapat meningkatkan kemampuan pada anak.
SKR00209 | SKR/FK 2023 19216046 | Tersedia - Tidak Dapat Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain