Skripsi Pengaruh Edukasi Self-Management Terhadap Pengetahuan Self-Harm Dan Kecemasan Pada Remaja Di Sman 20 Kabupaten Tangerang
"Latar Belakang : prevalensi self-harm di dunia ada sekitar 20% remaja yang melukai dirinya sendiri. Prevalensi kecemasan di dunia lebih dari 200 juta jiwa dengan presetase (3.6%), penderita kecemasan di Indonesia usia 15-19 tahun berada di presentase 6.1% atau 11 juta jiwa. Jumlah kasus bunuh diri di Indonesia berada di angka 80%-90% akibat kecemasan. Tujuan: Untuk mengetahui
Pengaruh edukasi Self-management terhadap pengetahuan self-harm dan kecemasan pada remaja di SMAN 20 Kab. Tangerang. Metode penelitian: menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi experiment menggunakan nonequlvalent pretest-posttest group design dilakukan pada bulan Juni-Agustus. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode simple random sampling yang berjumlah 92 responden yang dibagi atas 46 responden kelas eksperimen dan 46 responden kelas kontrol. Hasil: . nilai p-value pada kelas eksperimen 0.861>0.05 dan Nilai p-value pada kelas kontrol 0.112>0.05 maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan antara tingkat pengetahuan edukasi Self-management terhadap pengetahuan self-harm pada pre-test dan Post-test diantara dua kelas tersebut Kesimpulan : ada pengaruh antara engaruh pendekatan Self-management terhadap pengetahuan Self-harm pada remaja di SMAN 20 Kab. Tangerang. Saran: diharapkan dapat memberikan informasi dan dapat memberikan edukasi pelayanan keperawatan khususnya pada siswa siswi usia sekolah terutama siswa SMA yang memiliki kecenderungan self-har"
SKR00307 | SKR/FK 2022 18215219 | Tersedia - Tidak Dapat Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain