Skripsi Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Metode Focus Group Discussion (Fgd) Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dengan Balita Stunting Di Puskesmas Pasir Nangka Tigaraksa Tahun 2022
"Latar belakang : Stunting adalah kondisi dimana balita memiliki panjang atau tinggi
badan yang kurang jika dibandingkan dengan umur. Tingkat pengetahuan dan sikap ibu
mengenai gizi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya stunting
pada anak balita. Intervensi yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap
ibu dengan metode focus group discussion (FGD). Tujuan penelitian: untuk mengetahui
pengaruh metode focus group discussion (FGD) terhadap pengetahuan dan sikap ibu
dengan anak stunting di Puskesmas Pasir Nangka Tigaraksa. Metode Penelitian:
Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimen dengan pendekatan One Groups
Pretest-Posttest Design didapat jumlah sampel 30 responden. Teknik pengambilan sampel
menggunakan Accidental Sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner.
Analisa data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji statistik paired sample
t test. Hasil: tingkat pengetahuan ibu dengan anak stunting sebelum diberikan metode focus
group discussion (FGD) yaitu pengetahuan tidak baik sebesar 100 %, tingkat pengetahuan
ibu dengan anak stunting setelah diberikan metode focus group discussion (FGD) yaitu
pengetahuan baik sebesar 93,3 %, sikap ibu dengan anak stunting sebelum diberikan
metode focus group discussion (FGD) yaitu sikap tidak baik sebesar 80,0 %dan sikap ibu
dengan anak stunting setelah diberikan metode focus group discussion (FGD) yaitu sikap
baik sebesar 100 %. Kesimpulan dan Saran : Ada pengaruh metode focus group
discussion (FGD) sebelum dan setelah terhadap pengetahuan (p value=0,000) dan sikap (p
value=0,000) ibu dengan anak stunting di Puskesmas Pasir Nangka Tigaraksa. Penelitian
ini diharapkan puskesmas dapat mengadakan penyuluhan rutin mengenai stunting untuk
menambah pengetahuan dan sikap ibu sehingga kejadian stunting dapat dihindari
Kata Kunci : Stunting, Pengetahuan, Sikap"
SKR00305 | SKR/FK 2022 18215120 | Tersedia - Tidak Dapat Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain