Skripsi Literature Review : Hubungan Kecemasan Ibu, Keterlibatan Ibu Dan Motivasi Belajar Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19
"Pendahuluan : Pembelajaran jarak jauh membuat orang tua berperan sebagai guru, dengan mengawasi dan membimbing saat pembelajaran berlangsung. Orang tua juga harus memikirkan bagaimana membagi waktu antara pekerjaan dan pemantauan pembelajaran anak, pemenuhan fasilitas perangkat elektronik dan kuota internet. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecemasan ibu, keterlibatan ibu dan motivasi terhadap pembelajaran jarak jauh. Metode: Desain penelitian ini menggunakan metode Literature Review. Hasil: Dari 15 jurnal yang sudah ditelaah, di dapatkan 80% orang tua mengalami kecemasan karena belum dapat beradaptasi dengan perubahan yang ada, terutama dengan waktu bekerja, belajar, hingga kendala penggunaan elektronik. Keterlibatan orang tua dalam pelaksaan pembelajaran jarak jauh pada anak usia dini relatif maksimal dan mampu melaksanakan perannya dengan baik dalam membantu proses pembelajaran. 80% motivasi belajar siswa mengalami penurunan dikarenakan sulit memahami materi saat pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan hasil penelitian, metode pembelajaran yang paling baik digunakan untuk meningkatkan motivasi pelajar adalah metode discovery learning. Kesimpulan: Kecemasan ibu kepada anak yang sedang melaksanakan pembelajaran jarak jauh disebabkan karena ibu kesulitan dalam beradaptasi dengan pembelajaran jarak jauh yang dijalani oleh anak, kecemasan lainnya yang dimiliki ibu adalah cemas jika anaknya menjadi tidak fokus dan cepat merasa bosan dalam melakukan pembelajaran jarak jauh.
Kata Kunci : kecemasan ibu, keterlibatan ibu, motivasi, pembelajaran jarak jauh."
SKR00336 | SKR/FK 2022 18215043 | Tersedia - Tidak Dapat Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain