Skripsi Pengalaman Ibu Bekerja Mendampingi Anak Belajar Daring Di Masa Pandemi
Latar Belakang: Pandemi telah mengubah kehidupan manusia terutama pada ibu bekerja yang mempunyai peran pekerja dan ibu namun di masa pandemi ibu bekerja harus menjadi guru pendamping untuk anak-anaknya yang melakukan pembelajaran daring. Tujuan Penelitian: Tereksplorasinya pengalaman ibu bekerja mendampingi anak belajar daring di masa pandemi. Metode Penelitian: Studi kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Partisipan berjumlah enam orang yang ditetapkan dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam. Analisa Data: Metode Collaizzi?s. Hasil Penelitian: Menghasilkan tujuh tema yaitu perasaan ibu bekerja, manajemen waktu ibu bekerja, dampak kondisi ibu bekerja saat pandemi, manfaat pembelajaran daring, strategi ibu mengajar dan mendampingi anak daring, hambatan ibu mendampingi anak daring, sumber dan bentuk dukungan terhadap ibu bekerja mendampingi anak daring. Kesimpulan: Rentan usia ibu bekerja 37-51 tahun yang mempunyai anak usia sekolah dengan usia 7-12 tahun. Saran: Hasil penelitian ini disarankan untuk institusi pendidikan, guru, orang tua, profesi keperawatan, penelitian selanjutnya.
SKR00399 | SKR/FK 2022 18215096 | Tersedia - Tidak Dapat Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain