Skripsi Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Jenis Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah Di Tk Kecamatan Cibodas Kota Tangerang
Latar Belakang : Orang tua memegang peranan vital sebagai landasan bagi perkembangan emosi dan sosial anak. Jika orang tua tidak memiliki tingkat pengetahuan yang cukup dan menerapkan jenis pola asuh yang salah kepada anak, maka akan terjadi keterlambatan atau gangguan perkembangan psikososial. Akibatnya, akan mengganggu kemampuan anak dalam belajar, berinteraksi, dan berkomunikasi dengan orang lain. Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan desain korelasional, dengan menggunakan pendekatan cross sectional, dimana peneliti melakukan pengukuran, pengambilan data atau observasi yang dilakukan pada waktu yang sama. Uji analisis statistic yang digunakan adalah uji chi square. Sampel yang digunakan yaitu total sampling dengan menggunakan 100 responden. Hasil penelitian : pada uji chi square menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan perkembangan psikososial p value 0,003 dan terdapat hubungan antara jenis pola asuh orang tua dengan perkembangan psikososial p value 0,008. Kesimpulan : terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dan jenis pola asuh orang tua dengan perkembangan psikososial anak usia prasekolah di TK Kecamatan Cibodas Kota Tangerang.
SKR00430 | SKR/FK 2022 18215174 | Tersedia - Tidak Dapat Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain