Skripsi Penggunaan Media Audio Visual Dalam Menganalisa Keefektifan Belajar Dan Kemampuan Mendengar Bahasa Inggris Mahasiswa Keperawatan
Latar Belakang: Media audio visual merupakan sebuah alat bantu pembelajaran yang menghasilkan efek suara (audio) dan gambar (visual) sebagai media pembelajarannya, hal tersebut agar memudahkan mahasiswa dalam memahaminya. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada mahasiswa tingkat 3 keperawatan di kampus Universitas Yatsi Madani didapati bahwa dosen pengampu tidak memberikan section visual dan listening kepada mahasiswa untuk melatih kemampuan mendengarnya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana media audio visual efektif dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris. Metode: Desain penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah beberapa mahasiswa tingkat 3 keperawatan Universitas Yatsi Madani, teknik penentuan partisipan yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dengan jumlah partisipan sebanyak 8 mahasiswa. Hasil: Penerapan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Inggris efektif digunakan, dapat dilihat dari hasil wawancara, hasil pretest ketika menggunakan media audio hanya 25% mahasiswa mendapatkan hasil di atas nilai batas lulus yang telah ditentukan peneliti, dan setelah dilakukan post test terdapat peningkatan yang signifikan sebesar 75% mahasiswa yang memperoleh nilah di atas nilai batas lulus. Kesimpulan: Sebagian besar partisipan memperoleh nilai kurang ketika dillakukan pre test menggunakan media audio dan terdapat peningkatan kemampuan mendengar bahasa Inggris pada hasil post test mahasiswa keperawatan sebesar 75% setelah diberikan media pembelajaran audio visual. Saran: Meningkatkan frekuensi belajar terutama untuk mata kuliah bahasa Inggris dengan diselingi pemanfaatan media audio visual.
SKR00390 | SKR/FK 2022 18215242 | Tersedia - Tidak Dapat Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain