Skripsi Studi Fenomenologi Peran Orang Tua Siswa Sekolah Dasar Dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Di Rumah Saat Pandemi Covid-19
Latar Belakang: Pembelajaran daring sudah dilaksanakan selama berbulan-bulan, hal ini semakin menguatkan bagi peran orang tua menjadi sangat penting untuk terselenggaranya pendidikan yang berkualitas. Peran orang tua tanggung jawab untuk mendidik, mengasuh dan membimbing anak-anaknya untuk mencapai tujuan tertentu, penting dilakukan untuk memahami bagaimana sebenarnya peran orang tua dalam mendampingi anak saat pandemik COVID-19 Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua siswa sekolah dasar dalam menerapkan pembelajaran daring di rumah saat pandemi covid-19. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, kualitatif fenomenologi tentang tiga tahapan fenomenologi yaitu tahapan intuitif, analisis, dan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara. Hasil: Partisipan pada penelitian ini adalah orang tua siswa sekolah dasar dari kelas 1 s/d 6 SD di Kronjo, kabupaten Tangerang. Hasil analisis wawancara pada delapan partisipan, diperoleh empat tema yaitu: Masalah Psikologis Jangka Panjang, Peranan orang tua dalam pembelajaran daring, Hambatan yang dialami selama pembelajaran daring, Harapan untuk pembelajaran daring. Kesimpulan: Peran orang tua yang begitu penting terhadap anak selama menjalani pembelajaran daring dirumah, dimana dukungan sangat berpengaruh terhadap kualitas anak dalam pembelajaran.
SKR00656 | SKR/FK 2021 17214102 | Tersedia - Tidak Dapat Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain