Skripsi Pengaruh Terapi Murotal Al Qur'An Terhadap Peningkatan Konsentrasi Belajar Pada Anak Usia Sekolah Di Perumahan Sindang Panon Residence Kabupaten Tangerang
Konsentrasi merupakan suatu cara agar orang tersebut bisa memfokuskan perhatian kepada suatu objek, jadi bisa dimengerti, difahami dan untuk mengurangi suatu fokus yang terpecah belah. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh pemberian terapi murotal Al Qur?an terhadap peningkatan konsentrasi belajar anak usia sekolah. Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 anak usia sekolah yang berada di perumahan sindang panon, dimana terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok control dan kelompok eksperimen. Teknik yang digunakan adalah total sampling. Hasil : Hasil pada kelompok control dimana pada pre test dan post test didapatkan nilai rata ? rata sebesar 102.07 dengan standar deviasi (pre test) 10.215 dan (post test) 9.903. Pada kelompok eksperimen dimana pada pre test didapatkan nilai rata ? rata 67.47 dengan standar deviasi 9.862 dan pada post test didapatkan nilai 97.73 dengan standar deviasi 13.541. Dapat terlihat nilai mean perbedaan antara sebelum diberikan terapi murotal dan sesudah diberikan terapi murotal. Pada penelitian ini didapatkan p value 0.000 yang bisa disimpulkan bahwa ada pengaruh antara konsentrasi belajar sebelum dan sesudah diberikan terapi murotal Al Qur?an. Saran : Untuk masyarakat terutama yang mempunyai anak usia sekolah diharapkan agar bisa memanfaatkan terapi non farmakologis ini untuk mengatasi bila anak mengalami kurangnya memfokuskan suatu perhatian, hal ini disebabkan karena metode ini tidak mengeluarkan biaya dan mudah didapatkan
SKR00540 | SKR/FK 2021 17214059 | Tersedia - Tidak Dapat Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain