Skripsi Literature Review : Terapi Bermain : Mewarnai Terhadap Tingkat Kooperatif Anak Prasekolah Akibat Hospitalisasi
Pendahuluan : Mewarnai adalah sebuah keterampilan memberi warna melalui berbagai media baik saat menggambar atau meletakan warna saat mengisi bidang-bidang gambar yang harus diberi pewarna. Salah satu intervensi untuk mengurangi stres, cemas dan tidak kooperatif adalah dengan terapi mewarnai, karena mewarnai memberikan kesempatan kepada anak untuk berekspresi, meningkatkan kreativitas, melatih kepercayaan diri
dan motorik halus. Tujuan : Untuk membandingkan artikel dan jurnal penelitian apakah ada pengaruh Terapi Mewarnai terhadap tingkat kooperatif anak prasekolah akibat Hospitalisasi Metode : Tinjauan literatur
ini menggunakan metode literatur review. Hasil : Setelah dianalisis dari 20 jurnal yang ditemukan diantaranya menunjukan hasil bahwa terapi mewarnai dapat meningkatkan tingkat koopratif anak prasekolah akibat Hospitalisasi dan hasil dari matriks sintesis yang dikelompokan menjadi tiga bagian yaitu input, proses, dan output. Saran : Memberikan penyuluhan tentang terapi mewarnai terhadap tingkat koopertif anak prasekolah akibat Hospitalisasi agar anak tidak melakukan penolakan perawatan yang diberikan. Pendidikan kesehatan dapat diberikan secara virtual mengikuti kemajuan teknologi saat ini.
Kata Kunci : Terapi Mewarnai, Tingkat kooperatif, Anak prasekolah
SKR00542 | SKR/FK 2021 17214199 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain