Skripsi Hubungan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smk Yarsi Medika Tahun 2021
Motivasi belajar ialah keinginan atau hasrat yang tumbuh di dalam diri individu untuk memperoleh hasil yang baik khususnya dalam proses belajar. Pada situasi pandemi seperti ini telah menimbulkan dampak yang begitu besar khususnya disektor pendidikan. Kebijakan belajar online sudah diterapkan di Indonesia, kurang lebih 28,6 juta siswa dari jenjang SD sampai dengan SMA/SMK diberbagai provinsi. Menyadari pentingnya motivasi belajar maka perlu adanya dukungan sosial dari orang terdekat karena dukungan yang diberikan dapat berpengaruh terhadap meningkatnya motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dengan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran online pada masa pandemi covid-19 di SMK Yarsi Medika tahun 2021. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif korelasi dan penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional, sampel dalam penelitian ini adalah siswa/i SMK Yarsi Medika kelas XI sebanyak 127 responden dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara ?simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis univariat dan bivariat. Hasil uji univariat didapat dukungan sosial pada kategori rendah sebanyak 70 orang (55,1%), dan motivasi belajar pada kategori rendah sebanyak 79 orang (62,2%). Hasil uji Chi square didapat (P-value 0,000 ? 0,05) yang artinya ada hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran online pada masa pandemi covid-19 di SMK Yarsi Medika. Diharapkan bagi sekolah khususnya guru yang mengajar agar lebih memodifikasi dalam teknik pembelajaran agar siswa tidak cepat bosan dan motivasi belajar siswa tetap baik meski melakukan pembelajaran secara online
SKR00546 | SKR/FK 2021 17214161 | Tersedia - Tidak Dapat Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain