Skripsi Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Motivasi Ibu Tentang Gizi Seimbang Dengan Status Gizi Pada Anak Usia Prasekolah 3-6 Tahun Di Puskesmas Kemiri Kabupaten Tangerang
Latar Belakang : Masalah gizi dan kesehatan yang ditandai dengan pemanfaatan makanan yang tidak seimbang merupakan masalah yang signifikan bagi sebagian besar penduduk, termasuk anak-anak. Di dunia dan di Indonesia mengalami tantangan lingkungan akibat 3 beban malnutrisi tesebut yang mungkin hendak memburuk sebab pandemi Covid- 19, Anak bisa hadapi malnutrisi bermacam karena pola makan yang kurang baik, aplikasi pengasuhan yang tidak maksimal. Pemerintah menetapkan stunting sebagai salah satu program prioritas. Anak usia prasekolah termasuk dalam golongan masyarakat kelompok rentan gizi, yaitu kelompok masyarakat yang paling mudah menderita kelainan gizi, sedangkan pada saat ini mereka sedang mengalami proses pertumbuhan yang relatif pesat. Salah satu aspek berarti yang mempengaruhi status gizi pada anak merupakan aspek pengetahuan ibu tentang gizi pada anak. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan hubungan tingkat pengetahuan dan motivasi ibu tentang gizi seimbang dengan status gizi pada anak usia prasekolah 3-6 tahun. Metode : Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan teknik dekriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 3.040 orang dan pengambilan sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sebanyak 80 orang. Hasil : Hasil penelitian didapatkan sebanyak 61 responden dengan tingkat pengetahuan tinggi, 17 orang dengan tingkat pengetahuan sedang, dan 2 orang dengan pengetahuan rendah. Sedangkan untuk motivasi didapatkan sebanyak 62 orang dengan motivasi cukup, 12 orang dengan motivasi baik, dan 6 orang dengan motivasi kurang. Untuk status gizi prasekolah didapatkan sebanyak 37 orang dengan status gizi cukup, 36 orang dengan status gizi gemuk, dan 7 orang dengan status gizi kurus. Hasil analisis menggunakan Chi-Square nilai P Value didapatkan hubungan tingkat pengetahuan dengan status gizi 0,026 dimana jika nilai signifikasi atau ??P Value??
SKR00593 | SKR/FK 2021 17214073 | Tersedia - Tidak Dapat Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain