Text
Skripsi Hubungan Perilaku Caring Dan Respon Time Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Igd Rs Melati Tangerang
Latar Belakang : Kepuasan pasien adalah hasil penilaian dari pasien terhadap
pelayanan kesehatan. Caring adalah kepedulian interpersonal yang ditunjukkan oleh
perawat dalam memberikan kenyamanan, perhatian, dan empati kepada pasien. Dalam
sebuah penelitian di Amerika Serikat mengenai efektivitas layanan IGD 60% responden
menyatakan bahwa layanan harapan pasien tidak terpenuhi yang diberikan oleh
perawat. Respon time adalah jumlah waktu yang diperlukan untuk memberikan bantuan
yang cukup kepada pasien emergency, baik dalam situasi normal maupun saat bencana.
Tujuan : Mengetahui hubungan perilaku Caring dan Respon time perawat dengan
tingkat kepuasan pasien di ruang IGD RS Melati Tangerang. Metode Penelitian :
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional
dengan analisis Spearman Rank. Hasil Penelitian : dalam 228 responden, sebagian
besar merasa sangat puas dengan perilaku Caring yang diberikan oleh perawat yang
baik yaitu sebanyak 105 (47,8%) responden. dalam 228 responden, sebagian besar
merasa sangat puas dengan Respon time perawat yang cepat yaitu sebanyak 110 (48,2%)
responden. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara perilaku Caring dan Respon time
perawat di ruang IGD RS Melati Tangerang. Saran : untuk peneliti selanjutnya
diharapkan dapat melengkapi penelitian ini dengan mencari faktor – faktor yang
mempengaruhi tingkat kepuasan pasien.
SKR00683 | SKR/FK 2024 20217066 | Tersedia - Tidak Dapat Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain