Text
Skripsi Pengaruh Terapi Bermain Storytelling (Bercerita) Terhadap Tingkat Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Prasekolah (3-6tahun) Diruang Anak Rsud Kota Tangerang
Pendahuluan: Anak-anak prasekolah sangat aktif dan rentan terhadap penyakit. Anak-anak
dirawat di rumah karena mereka tidak dapat menyesuaikan diri dengan penyakit dan lingkungan
yang berbeda dari rumah mereka. Pada anak-anak usia prasekolah, kecemasan adalah reaksi emo-
sional yang ditunjukkan oleh anak terhadap jumlah yang berlebihan. Tujuan: Penelitian ini
bertujuan mengetahui pengaruh terapi bermain cerita (bercerita) terhadap tingkat kecemasan yang
disebabkan oleh hospitalisasi pada anak prasekolah usia 3-6 tahun di RSUD Kota Tangerang.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Desain penelitian quasi eksperimen ini
menggunakan dua kelompok pre-test dan post-test bersama dengan kelompok kontrol untuk mem-
bandingkan kecemasan di rumah sakit sebelum dan sesudah intervensi. Dengan teknik sampling
total, sampel penelitian terdiri dari delapan puluh responden. Peneliti menggunakan observasi se-
bagai alat penelitian. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa terapi bermain storytelling (bercerita)
memiliki efek yang signifikan terhadap tingkat kecemasan yang disebabkan oleh tinggal di rumah
sakit pada anak usia prasekolah. Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan antara terapi bermain
cerita (bercerita) dengan buku cerita terhadap tingkat kecemasan akibat hospitalisasi pada anak-
anak usia prasekolah (3-6 tahun) di RSUD Kota Tangerang. Ini ditunjukkan oleh hasil uji paired
sampel test dengan nilai p value < 0.05.
SKR00722 | SKR/FK 2024 20217070 | Tersedia - Tidak Dapat Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain