Text
Skripsi Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Phbs Dengan Metode Story Telling Terhadap Tingkat Pengetahuan Cara Mencuci Tangan 6 Langkah Pada Anak Kelas 5 Di Sdn Bonisari 1 Kabupaten Tangerang
Latar Belakang: Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat masih belum
diterapkan dengan optimal hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan
tentang PHBS. Tujuan: Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang
PHBS dengan metode story telling terhadap tingkat pengetahuan cara mencuci
tangan 6 langkah pada anak kelas 5 di SDN Bonisari 1 Kab. Tangerang. Metode:
Kuantitatif dengan Pre Eksperimen dan rancangan One Group Pre test - Post
test dengan populasi 85 dan menggunakan total sampling. Hasil: Pada penelitian
ini menggunakan uji paired sampel t-test karena data berdistrbusi secara normal
dengan nilai signifikan (0,053 > 0,05) dan selanjutnya menggunakan pada uji
paired sampel t-test hasilnya nilai signifikansi lebih kecil dari probabilitasnya
(0.000 < 0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil Ho ditolak
dan Ha diterima (Artinya terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan
metode story telling terhadap tingkat pengetahuan cara mencuci tangan 6
langkah pada anak usia sekolah di SDN Bonisari 1 Kabupaten Tangerang).
Kesimpulan: Tingkat pengetahuan (pre test) dengan kategori baik sebanyak 36
orang atau setara dengan (42,2%), sedangkan pada (post test) terdapat 59 orang
atau setara (69,4%). Saran: Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini
diharapkan dapat menjadi acuan yang dapat digunakan dengan mencari faktor
lain dari PHBS sehinggga dapat mengembangkan ide dari banyak teori yang
digunakan dalam penelitian ini.
SKR00763 | SKR/FK 2024 20217192 | Tersedia - Tidak Dapat Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain