Text
Skripsi Hubungan Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sd Negeri Cihuni Ii Tahun 2024
Latar Belakang : Pendidikan untuk anak sekolah dasar tidak hanya didapat di
sekolah saja melainkan ada aspek lain yaitu orang tua. Orang tua adalah
pelindung yang penting untuk anak-anak nya, karna orang tua mempunyai
pengaruh dalam mengembangkan karakter anak selama di rumah. Dukungan
orang tua terhadap kegiatan belajar anak tentu berdampak positif ataupun
negatif pada keinginan anak untuk belajar. Bentuk dukungan orang tua
terhadap kegiatan belajar anak baik di rumah maupun di sekolah berbeda-
beda. Ada dua jenis dukungan yaitu fisik dan non-fisik. Tujuan Pnelitian :
Tujuan Penelitian ini untuk mengetauhi apakah ada hubungan antara
dukungan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri Cihuni II
Tahun 2024. Desain Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan desain cross sectional. Teknik Sampel : Menggunakan
Stratified random sampling dengan jumlah sampel 115 responden. Intrumen
Dan Analisis Data : Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan uji yang
digunakan yaitu Chi-Square. Hasil Penelitian : Penelitian ini menunjukan
adanya Hubungan Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di
SD Negeri Cihuni II Tahun 2024 dimana nilai P-Value adalah 0,001.
Kesimpulan : Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara
dukungan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri Cihuni II
Tahun 2024. Saran: Untuk pihak sekolah diharapkan dapat mengadakan
kelas orang tua dan murid 1 bulan sekali untuk meningkatkan dukungan orang
tua terhadap motivasi belajar siswa, karena sesuai dengan hasil penelitian ini
bahwa ada hubungan dukungan orang tua terhadap motivasi belajar siswa.
SKR00774 | SKR/FK 2024 20217001 | Tersedia - Tidak Dapat Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain