Skripsi Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Dirsud Pakuhaji Kabupaten Tangerang
Pendahuluan: Kepuasan pasien merupakan salah satu bentuk kualitas pelayanan rumah sakit. Komponen kepuasan pasien terdiri dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Kepuasan pasien dapat diwujudkan pada rumah sakit dalam memperoleh pelayanan yang bermutu, adil dan merata. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan pada 29 Mei 2023 di RSUD Pakuhaji Kabupaten Tangerang terdapat 2 pasien yang menyampaikan keluhan tentang kualitas pelayanan kesehatan dirumah sakit diantaranya tenaga medis yang kurang ramah, lamanya waktu tunggu, alat medis yang belum memenuhi kebutuhan pasien. Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan di RSUD Pakuhaji Kabupaten Tangerang. Desain Penelitian: Menggunakan metode kuantitatif instrument yang digunakan kuisioner dengan skala likert yaitu memberikan 4 jawaban pada point seperti sangat setuju, setuju, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Responden pada penelitian ini yaitu 80 responden yang pernah mendapatkan perawatan inap dan jalan, dan dipilih melalui prosedur purposive sampling. Analisa Data: Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara bivariat untuk menganalisis hubungan antara dua variabel. Dan menggunakan bantuan software program pengelola data yaitu SPSS. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian: Hasil uji korelasi spearman nilai Sig(2-tailed) sebesar Pvalue= 0,000, berarti adanya hubungan tingkat kepuasan pasien. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Pakuhaji kabupaten Tangerang.
SKR00153 | SKR/FK 2023 19216204 | Tersedia - Tidak Dapat Dipinjam |
Tidak tersedia versi lain